Senin, 26 September 2016

Menginginkan Supaya Bayi Banyak Minum

Menginginkan Supaya Bayi Banyak Minum ASI                                                                       

 TANYA : Dear konselor AIMI, saya seseorang ibu yang menyusui serta saya juga bekerja. Saya memberi ASI pada anak saya lewat ASIP waktu saya bekerja (pagi-sore), serta saat malam dengan cara segera. Walau demikian, kenaikan berat tubuh anak saya naiknya tiap-tiap bln. cuma 7 ons, walau sebenarnya umur anak saya 2 bln. lebih. Saat dia lahir beratnya 3 kg, serta saat ini 2 bln. lebih 4, 5 kg. Kekuatan dia minum sekitar 40-50 ml dengan durasi saat 1-1, 5 jam. Apakah keadaan ini serta berat tubuh anak saya masihlah normal? Apakah untuk anak seusia anak saya kemampuan minum anak saya termasuk juga masihlah kurang? hingga punya pengaruh pada kenaikan berat tubuhnya? Apa yang perlu saya kerjakan supaya anak saya ingin banyak minum ASI? Mohon bantuannya, terimakasih banyak. (Bharti, 26, Purwokerto) JAWAB : Dear Ibu Bharti, Terlebih dulu saya menginginkan mengatakan selamat pada Ibu yang tetaplah berupaya menyusui serta mulai kembali melakukan aktivitas ya.. Memanglah adalah tantangan sendiri untuk dapat menjaga menyusui sembari kembali pada kebiasaan keseharian sebelumnya ada si kecil. Berkaitan pertanyaan Ibu mengenai kenaikan berat tubuh anak Ibu, mungkin saja sebaiknya Ibu plotkan dahulu kenaikan berat tubuh si kecil sampai kini kedalam grafik perkembangan dari WHO yang dapat Ibu unduh disini.   Ibu dapat pilih grafik sesuai sama type kelamin anak Ibu serta tentukan ‘weight for age’. Ini dapat dapat dikerjakan bila Ibu mempunyai buku kesehatan bayi atau KMS anak Ibu ya... Baru kemudian kita dapat lihat apakah kenaikan berat tubuh anak Ibu sesuai sama kurva atau tak. Tentang kenaikan berat tubuh anak Ibu, ini saya juga berikanlah satu tulisan menarik berkaitan kenaikan berat anak yang mungkin saja dapat menolong. Linknya bisa di buka disini. Untuk jumlah ASI perah yang diminum si kecil, memanglah tiap-tiap anak tak ada ukuran yang sama. Jadi baiknya kita lihat sinyal tanda kecukupannya apakah bayi buang air kecil serta buang ari besar cukup? Apakah bayi tetaplah ceria serta tak rewel? Lantaran sinyal tanda ini dapat dapat jadikan tanda apakah bayi memperoleh konsumsi yang cukup. Bila saya bisa anjuran, mungkin saja Ibu dapat juga cobalah diskusi segera dengan Konselor Menyusui. Kebetulan AIMI Jawa Tengah mempunyai ranting di Purwokerto yang dapat memfasilitASI konseling tatap muka dengan Ibu. Ibu dapat teliti kontaknya disini. Mudah-mudahan jawaban saya ini menolong Ibu Bharti serta tetaplah semangat untuk menyusui ya Bu! Minta maaf bila ada salah kata. Salam menyusui! Nia Umar S. Sos, IBCLC@housniati                                                                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar